Jumat, 27 Januari 2012

MIAS: Hari Pertama Bicara 'Qadhaya'

Ketua Komsat KAMMI Airlangga menyerahkan cindera mata kepada pemateri
Kemarin (26/1), calon AB 2 KAMMI Airlangga penuh semangat datang ke Madrasah 'Ilmiyah As-Siyasiyah (MIAS) hari pertama. Bertempat di Masjidillah lt. 2, MIAS dimulai pukul 13.00 oleh MC, Bintang Gumilang. Setelah acara dibuka dengan bacaan basmalah, MC menjelaskan sedikit tentang persiapan DM 2 bagi peserta, seperti kelengkapan buku referensi, hubungan dengan KAMMDA, dan lain sebagainya. Peserta juga diberikan kesempatan bertanya terkait persiapan pemberangkatan nanti.

Agenda kedua dipegang oleh Master of Class Room (MCR), Gading E. Aurizki. Pada sesi ini MCR memberikan brainstorming tentang Problematika Umat yang sistemik. MCR mengajak berdiskusi peserta tentang tarikh (sejarah) perjalanan umat sesuai periodisasi seperti yang disampaikan Rasulullah saw. dalam hadits riwayat Baihaqi dan Ahmad. Peserta pun bergantian saling memberikan tanggapan.

Pada agenda ketiga, peserta mendengarkan materi dari Decka Vertian Ginanjar, seorang Mahasiswa Politik Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2007. Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Daerah KAMMI Surabaya 2011-2013 ini memberikan materi tentang Tarikh Daulah Islamiyah dan Problematika Umat Kontemporer. Kala materi disampaikan, peserta secara cermat mendengarkan, seolah tidak ingin satu kalimat pun dari pemateri yang terlewatkan.

Sesi materi selesai ketika adzan Ashar berkumandang. MC mempersilahkan peserta untuk shalat Ashar. Setelah Ashar, peserta kembali ke tempat acara untuk melanjutkan small group discussion (SGD). SGD Ikhwan dipandu oleh Kadep Kaderisasi, Bintang Gumilang, sedangkan SGD Akhwat dipandu oleh Sekdep Kaderisasi, Aisyah Sariasih. []gea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar